Hello world! (again)

Singkat kata bulan Desember kemarin blog adibt.com, terhapus. Anda tidak salah baca. Website yang sudah ada mulai jaman dinosaurus (meskipun jarang diupdate)…TERHAPUS!.

Dan iya memang untuk seseorang developer yang sudah bertahun-tahun hal ini lumayan…memalukan hahaha.

Sebelum tersangka bernama Adib ini dihakimi berjamaah secara online, ijinkan saya memberikan pembelaan.

Pertama-tama, jika ada klien yang membaca “pembelaan” saya ini, Anda tidak perlu khawatir, untuk semua project di Algostudio kita memiliki multiple backup di beberapa server yang berbeda. Thanks to sysadmin kita yang baik hati. Website yang terhapus adalah website pribadi yang memang tidak dihandle oleh sysadmin baik hati.

Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan email yang mengatakan bahwa hosting secondary yang biasa kami gunakan dibeli oleh hosting yang lebih besar. Hosting ini hanya kami gunakan sebagai mail server, dan blog pribadi.

Saya juga mendapatkan email bahwa salah satu apps yang ada di server tidak dapat dimigrasi di ke hosting yang baru. Saya tidak terlalu pusing karena saya juga tidak menggunakan aplikasi tersebut. Di emailnya pun disebutkan bahwa “tidak ada yang perlu kamu lakukan”.

“Oh okay, bukan berita terlalu buruk. Langit masih terasa cerah”, pikir saya.

eh ternyata oh ternyata gara gara satu app yang tidak bisa dimigrasi ini, akun kami tidak bisa dimigrasi ke hosting yang baru dan DITUTUP.

Bisa dibayangkan saya bangun pagi, baru buat kopi siap untuk bekerja…lalu semua email tidak dapat dibuka.

Setelah menghubungi support, mereka berkata akun sudah diaktifkan kembali, kami diberi waktu 10 hari untuk migrasi. Dan mereka juga berkata bahwa banyak sekali kasus yang sama. Sehingga untuk mengaktifkannya juga ngantri.

Sebagai gambaran, ini terjadi di akhir tahun, dimana tanpa ada kejadian ini saja, sehari-hari saya sudah kerja 12 jam. Bahkan kadang lebih. Dengan kejadian ini kita harus migrasi puluhan akun email, dan puluhan website.

Langit tidak lagi terasa cerah.

Yang terjadi adalah lembur dadakan (lagi) dan backup semua email, website istri, dan website teman-teman yang numpang di hosting tersebut. Selama beberapa hari saya harus kerja di malam hari untuk backup website-website ini.

Dan akhirnya semua beres. Langit terasa cerah kembali. Burung-burung kembali berkicau. Semua aman kecuali….website sendiri. Dasar namanya Adib yang sering lupa. Website sendiri malah lupa di backup hahaha.

Pagi ini saya install ulang WordPress. Melihat dashboard kosong, entah kenapa itu terasa…menyenangkan.

Memulai sesuatu dari nol, melupakan yang sudah pernah terjadi itu rasanya….segar. Seperti rasanya bangun tidur, mandi air hangat, pakai kaos katun favorit, terus buka jendela. Ada perasaan semangat disitu.

Kadang dengan kehilangan sesuatu, malah menjadi semangat untuk membuat sesuatu yang baru.

Ini tulisan pertama, di blog baru. Semoga semangat ini bisa tetap dijaga, makin rajin menulis, dan bisa membawa manfaat. Dan semoga tidak terhapus lagi.

2 Comments Hello world! (again)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *