Menikmati kegagalan

“Anda akan gagal”. Tiap kali mengisi materi seputar entrepreneur, hampir selalu saya menutup dengan kalimat ini. Peserta yang awalnya mengantuk, begitu “disumpahin” pakai tulisan “Anda akan gagal” di bold pakai font-size 40, langsung bangun hahaha.

Sebegitu seringnya saya menampilkan slide ini sampai-sampai istri bilang, “Apa tidak ada materi lain?”. Tetapi dari sekian banyak pengalaman, dari sekian banyak materi presentasi, menurut saya slide tersebut adalah yang paling penting.

Sebetulnya tidak perlu bahas jadi entrepreneur, selama kita melakukan sesuatu pasti akan pernah merasakan jatuh dan gagal kok. Ntah salah omong yang membuat malu, salah langkah yang menyebabkan rugi, salah membuat produk dan tidak laku, dan masih banyak contoh yang lain.

Dan itu normal.

Namanya melakukan sesuatu pasti ada resiko untuk gagal. Seberapa kali pun kita “latihan” untuk gagal, tetap saja namanya gagal atau jatuh itu pasti sakit.

Tetapi tidak pernah gagal artinya juga tidak pernah berusaha melakukan sesuatu. Dan tidak melakukan sesuatu artinya sudah memposisikan diri untuk selamanya jatuh. Dan itu lebih sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *